Wednesday, April 11, 2018

Tafsir Surah Al-Baqarah Ayat 57 Bahagian 5 (Mengenai Salwa)


أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ
{وَظَلَّلْنَا عَلَيْكُمُ الْغَمَامَ وَأَنزلْنَا عَلَيْكُمُ الْمَنَّ وَالسَّلْوَى كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَمَا ظَلَمُونَا وَلَكِنْ كَانُوا أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ (57) }
Dan Kami naungi kalian dengan awan dan Kami turunkan kepada kalian manna dan salwa. Makanlah dari makanan yang baik-baik yang telah Kami berikan kepada kalian. Dan tidaklah mereka menganiaya Kami, tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.

++Qatadah mengatakan bahwa salwa adalah sejenis burung yang berbulu merah yang datang dibawa oleh angin selatan. Seorang lelaki dari kalangan mereka menyembelih sebagian darinya dalam kadar yang cukup untuk keperluan hari itu dan apabila ia melampaui batas dalam pengambilannya, maka daging burung itu akan membusuk dan hilang lenyap.

Tetapi jika ia berada di hari yang keenam (yakni hari Jumat), maka ia mengambil bagian untuk keperluan hari itu dan hari esoknya (hari keenam dan hari ketujuhnya). Karena hari yang ketujuh atau hari Sabtu merupakan hari istirehat bagi kaum bani Israel.Tiada seorang pun yang bekerja di hari itu dan tiada seorang pun yang mencari sesuatu padanya.

++Wahb ibnu Munabbih mengatakan bahwa salwa adalah burung yang gemuk seperti burung merpati, burung-burung tersebut datang kepada mereka dengan berbondong-bondong dari Sabtu ke Sabtu yang lainnya, kemudian mereka mengambil sebagian darinya.

Di dalam riwayat yang lain dari Wahb disebutkan bahwa kaum Bani Israil meminta kepada Musa a.s. agar diberi daging, lalu Allah berfirman,

"Aku benar-benar akan memberi mereka makan berupa daging yang paling sedikit didapati di muka bumi."

Kemudian Allah mengirimkan angin kepada mereka, lalu berguguran jatuh salwa di tempat tinggal mereka.Salwa tersebut adalah samani (burung cenderawasih) yang berbondong-bondong terbang setinggi tombak.

Mereka menyimpan daging burung samani itu untuk keesokan harinya, tetapi daging itu membusuk dan roti pun menjadi basi.

++As-Saddi mengatakan bahwa tatkala Bani Israil memasuki gurun Sahara, mereka berkata kepada Musa a.s.,

"Bagaimana kami dapat tahan di tempat seperti ini? Di manakah makanannya?"

Maka Allah menurunkan manna kepada mereka. Manna turun kepada mereka berjatuhan di atas rumpun halia. Sedangkan salwa adalah sejenis burung yang bentuknya mirip dengan burung samani (burung cenderawasih), tetapi lebih besar sedikit.

Terlebih dahulu mereka akan melihat saiz burung tersebut apabila menangkap burung salwa itu.Jika burung yang ditangkapnya itu gemuk, maka mereka menyembelihnya.Tetapi jika kurus, mereka melepaskannya dan membiarkannya supaya ia menjadi lebih gemuk.Apabila burung tersebut telah gemuk, maka burung itu baru ditangkap. Mereka berkata (kepada Musa a.s.),

"Makanannya sudah ada, manakah minuman-nya?"

Maka Allah memerintahkan kepada Musa a.s. untuk memukulkan tongkatnya pada sebuah batu besar. Setelah batu itu dipukul dengan tongkatnya, memancarlah dua belas mata air yang mengalir, hingga tiap-tiap puak dari Bani Israil mempunyai mata airnya masing-masing. Mereka berkata lagi,

"Ini minuman, maka manakah naungannya?"

Mereka dinaungi oleh awan, dan mereka berkata lagi,

"Ini naungan, manakah pakaiannya?"

Tersebutlah bahwa pakaian mereka tahan lama dan tidak koyak. Yang demikian itu disebutkan di dalam firman-Nya:

Dan Kami naungi kalian dengan awan dan Kami turunkan kepada kalian manna dan salwa. (Al-Baqarah: 57)

{وَإِذِ اسْتَسْقَى مُوسَى لِقَوْمِهِ فَقُلْنَا اضْرِبْ بِعَصَاكَ الْحَجَرَ فَانْفَجَرَتْ مِنْهُ اثْنَتَا عَشْرَةَ عَيْنًا قَدْ عَلِمَ كُلُّ أُنَاسٍ مَشْرَبَهُمْ}
Dan (ingatlah) ketika Musa memohon air untuk kaumnya, lalu Kami berfirman, "Pukullah batu itu dengan tongkatmu.” Lalu memancarlah darinya dua belas mata air. Sungguh tiap-tiap suku telah mengetahui tempat minumnya (masing-masing). Makan dan minumlah rezeki (yang diberikan) Allah, dan janganlah kalian berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan. (Al-Baqarah: 60)

++Sunaid meriwayatkan dari Hajjaj, dari Ibnu Juraij yang menceritakan, "Ibnu Abbas r.a. pernah mengatakan bahwa Allah menciptakan bagi mereka di padang pasir pakaian yang anti robek dan anti kotor."

++Ibnu Juraij mengatakan, "Seorang lelaki (dari kalangan mereka) apabila mengambil manna dan salwa dalam jumlah lebih dari keperluan seharinya, maka manna dan salwa itu membusuk. Hanya saja pada hari Jumat mereka mengambil makanan dalam jumlah yang lebih banyak sebagai bekalan untuk hari Sabtunya.

++Ibnu Atiyyah mengatakan bahwa salwa adalah sejenis burung, menurut kesepakatan ulama Mufassirin

Wallahu a’lam

اَللَّهُمَّ ارْحَمْنِا بِاْلقُرْآنْ, وَاجْعَلْهُ لنا إِمَامًا وَنُوْرًا وَهُدًا وَرَحْمَةْ, أَللَّهُمَّ ذَكِّرْنا مِنْهُ مَا نَسِيْنا وَعَلِّمْنِا مِنْهُمَا جَهلنا وَارْزُقْنِا تِلاَوَتَهُ آنَاءَ الْلَيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارْ وَاجْعَلْهُ لنا حُجَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمْيِنَ
“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran yang agung,jadikanlah ia bagiku ikutan,cahaya,petunjuk dan rahmat.Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupadan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya,anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang,jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

No comments:

Post a Comment