Tuesday, April 10, 2018

Tafsir Surah Al-Baqarah Ayat 40-41 Bahagian 6(Bagaimana Kamu Boleh Mengkafirkan Muhammad & Al-Quran Yang Dibawanya Setelah Datang Kepadamu Keterangan Mengenainya Di Dalam Taurat Dan Injil)


أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ
{يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اذْكُرُوا نِعْمَتِيَ الَّتِي أَنْعَمْتُ عَلَيْكُمْ وَأَوْفُوا بِعَهْدِي أُوفِ بِعَهْدِكُمْ وَإِيَّايَ فَارْهَبُونِ (40) وَآمِنُوا بِمَا أَنزلْتُ مُصَدِّقًا لِمَا مَعَكُمْ وَلا تَكُونُوا أَوَّلَ كَافِرٍ بِهِ وَلا تَشْتَرُوا بِآيَاتِي ثَمَنًا قَلِيلا وَإِيَّايَ فَاتَّقُونِ (41) }
Hai Bani Israil, ingatlah akan nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepada kalian; dan penuhilah janji kalian kepada-Ku, niscaya Aku penuhi janji-Ku kepada kalian dan hanya kepada-Ku-lah kalian harus takut (tunduk). Dan berimanlah kalian kepada apa yang telah Aku turunkan (Al-Qur'an) yang membenarkan ape yang ada pada kalian (Taurat) dan janganlah kalian menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kalian menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kalian harus bertakwa.

Firman Allah Swt.:

{وَلا تَكُونُوا أَوَّلَ كَافِرٍ بِهِ}
Dan janganlah kalian menjadi orang yang pertama kafir kepadanya. (Al-Baqarah: 41)

++Menurut Ibnu Abbas r.a., janganlah kalian merupakan orang pertama yang kafir kepadanya, kerana pada kalian terdapat pengetahuan mengenainya yang tidak dimiliki oleh orang lain selain kalian.

++Abul Aliyah mengatakan, maka janganlah kalian kafir kepadanya sesudah kalian mendengar kerasulannya. Apa yang dibawanya adalah Al-Quran yang mulia.

++Akan tetapi, Ibnu Jarir memilih pendapat yang mengatakan bahwa damir “bihi “merujuk kepada Al-Qur'an yang telah disebut dalam kalimat sebelumnya, yaitu “bima anzaltu” (apa yang telah Aku turunkan).

Wallahu a’lam

اَللَّهُمَّ ارْحَمْنِا بِاْلقُرْآنْ, وَاجْعَلْهُ لنا إِمَامًا وَنُوْرًا وَهُدًا وَرَحْمَةْ, أَللَّهُمَّ ذَكِّرْنا مِنْهُ مَا نَسِيْنا وَعَلِّمْنِا مِنْهُمَا جَهلنا وَارْزُقْنِا تِلاَوَتَهُ آنَاءَ الْلَيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارْ وَاجْعَلْهُ لنا حُجَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمْيِنَ
“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran yang agung,jadikanlah ia bagiku ikutan,cahaya,petunjuk dan rahmat.Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupadan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya,anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang,jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

No comments:

Post a Comment