Thursday, April 5, 2018

Tafsir Surah Al-Baqarah Ayat 34 Bahagian 4 (Siapakah Golongan Orang-Orang Yang Kafir)


أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ
{وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلائِكَةِ اسْجُدُوا لآدَمَ فَسَجَدُوا إِلا إِبْلِيسَ أَبَى وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ (34) }
Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, "Sujudlah kalian kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali iblis; ia enggan dan takabur, dan adalah dia termasuk golongan orang-orang yang kafir.

Firman Allah

ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (Al-Baqarah: 34)

Terdapat beberapa pendapat tentang tafsiran ayat di atas.Kami menukilkan beberapa pendapat yang boleh dijadikan pedoman :

++ Ibnu Abu Hatim telah mendengar dari Abdullah ibnu Buraidah sehubungan dengan makna firman-Nya: ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (Al-Baqarah: 34) Yakni termasuk orang-orang yang membangkang, akhirnya mereka dibakar oleh api.

++ Abu Ja'far meriwayatkan dari Abul Aliyah sehubungan dengan makna firman-Nya: ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (Al-Baqarah: 34) Yang dimaksud dengan kafir ialah orang yang durhaka.

++ Sehubungan dengan makna ayat ini As-Saddi mengatakan, yang dimaksud dengan orang-orang kafir ialah mereka yang belum diciptakan oleh Allah saat itu, tetapi akan wujud sesudah masa itu sehingga pada waktu yang jauh selang waktunya.

++ Muhammad ibnu Ka'b Al-Qurazi mengatakan bahwa iblis sejak semula diciptakan oleh Allah ditakdirkan berbuat kekufuran dan kesesatan, tetapi beramal seperti amalnya para malaikat; kemudian Allah menjadikannya sesuai dengan apa yang telah ditetapkan-Nya sejak awal, yaitu kafir, sebagaimana dinyatakan oleh firman-Nya: ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (Al-Baqarah: 34)

Wallhu a’lam

No comments:

Post a Comment